Rabu, 26 September 2012

Vektor Posisi

Di antara kita mungkin banyak yang tidak mengenal, apa sih vektor posisi itu? apa sih perbedaan kecepatan dengan kelajuan ? kemudian apa sih perbedaan perpindahan dengan jarak?
Nah ..... di bab ini, teman - teman semua akan mempelajari itu semua dan diharapkan teman - teman sekalian bisa paham serta mengerti tentang materi tersebut. Apabila teman - teman sudah mahir di bab ini yang untung kan teman sendiri. . . . .hehe
Oke kita mulai yuk pembelajaran fisikanya !!!
Yang pertama kita mulai dari pengertian vektor posisi : Vektor posisi adalah posisi benda pada saat t tertentu untuk gerak satu dimensi maupun gerak pada suatu bidang  dinyatakan oleh x=x(t) dan y = y(t)  dan biasanya vektor posisi  r dinyatakan dalam bentuk vektor satuan i dan j .

vektor posisi (r) dalam 2 dimensi teman - teman dapat menuliskannya sebagai berikut :

r = xi + yj

sedangkan untuk  vektor posisi dalam bentuk 3 dimensi teman - teman dapat menu liskannya sebagi berikut :

r = xi + yj + zk

x, y , z = menyatakan komponen(nilai / besar) vektor  sedangkan i, j , k = menyatakan arah vektor

Perbedaan antara jarak dan perpindahan adalah besarannya. Jarak termasuk besaran skalar (besaran yang hanya memiliki besar/nilai saja) sedangkan perpindahan termasuk besaran vektor karena dipengaruhi oleh nilai dan arah.

contoh :

Misalkan Mr. Fisca menyuruh anaknya untuk berjalan 5 meter . Kemudian anaknya pun berjalan 5 meter. Kemudian Mr. Fisca bertanya lagi, ke arah manakah kamu berjalan , lantas anaknya berkata :" ke arah selatan", kemudian Mr. Fisca bertanya lagi , apakah saya menyuruh kamu bergerak ke arah selatan??.
Nah dari permasalahan ini teman - teman dapat mengambil kesimpulan bahwa pada saat Mr. Fisca berbicara kepada anaknya untuk berjalan 5 meter tanpa menyuruh kemana arahnya , ini termasuk kedalam besaran skalar atau besaran yang tidak di ketahui arahnya , namun pada saat anaknya sudah mengatakan bahwa dia berjalan ke arah selatan maka ini termasuk besaran vektor atau besaran yang tidak hanya diketahui nilai jaraknya tetapi juga arahnya.


                                                                                                       
                                                                                                                  



0 komentar:

Posting Komentar