Rabu, 26 September 2012

Menentukan Suatu Fungsi dari Fungsi lain (kinematika)

Setelah memahami materi diatas, mari kita beranjak kepada materi selanjutnya yaitu mempelajari cara menemukan suatu fungsi dari fungsi yang lain.

Misalkan, didalam suatu soal diketahui suatu fungsi kecepatan maka untuk menentukan fungsi percepatan kita dapat menemukannya dengan cara menurunkannya , sedangkan untuk menentukan fungsi posisinya teman teman bisa menemukannya dengan cara mengintegralkannya.

sehingga dari apa yang telah di jelaskan tadi bisa teman - teman ambil sebuah kesimpulan bahwa kecepatan adalah turunan dari fungsi posisi dan integral dari fungsi percepatan. Untuk memudahkan mengingatnya teman - teman bisa menuliskannya seperti di bawah ini :

s' => v => v' => a maksudnya adalah bahwa turunan pertama dari fungsi posisi adalah kecepatan, kemudian jika kecepatan diturunkan lagi maka akan ditemukan fungsi percepatan.

Kemudian jika yang diketahui fungsi percepatnnya dan ingin mengetahu fungsi kecepatannya maka teman - teman tinggal membalikannya dengan cara mengintegralkannya. Misal ; diketahui fungsi percepatan dan ingin menentukan fungsi kecepatannya maka teman - teman tinggal mengintegralkannya satu kali, kemudian jika teman - teman ingin menentukan posisinya maka teman - teman dapat melanjutkannya dengan cara mengintegralkan lagi fungsi kecepatan yang sudah didapatkan tadi.







0 komentar:

Posting Komentar