Rabu, 24 Oktober 2012

Biografi Archiemedes

Archimedes lahir tahun. 287 SM di kota pelabuhan Syracuse, Sisilia, pada waktu itu  merupakan koloni pemerintahan yunani.. Tanggal lahir didasarkan pada pernyataan oleh sejarawan Yunani John Bizantium Tzetzes bahwa Archimedes hidup selama 75 tahun, sehingga diperkirakan archiemedes meninggal tahun 212 SM.
Archiemedes terkenal dengan kesimpulannya tentang berat jenis benda, yaitu kesimpulan yang didapatkan ketika archiemedes sedang mandi. Pada saat itu raja shyracus, yang juga merupakan kerabat dari archiemdes memberikan pekerjaan rumah kepadanya, untuk menentukan apakah mahkota raja yang di milikinya itu adalah terbuat dari emas murni ataukah dari emas campuran . Dan pada saat dia mandi lah, archiemede berhasil mengerjakan pekerjaan rumahnya tersebut, yaitu ketika ia memasukan tubuhnya kedalam bak air yang ternyata ada air yang tumpah, dari sinilah archiemdes mendapatkan kesimpulan tentang berat jenis benda. Jika suatu benda yang dicelupkan kedalam air yang penuh dan  terjadi peristiwa tumpahnya air, massa air yang tumpah dan massa benda yang sudah tenggelam tersebut akan sama. Saking gembiranya dia pun loncat dari bak mandi sambil meneriakan, eureka!! eureka!!. Dari kesimpulannya tersebut archiemedes berhasil memecahkan pekerjaan rumah yang diberikan oleh raja shyracus tersebut, yaitu dengan cara yang sama, jika berat jenis emas tersebut berbeda dengan berat jenis mahkota maka bisa disimpulkan mahkota tersebut terbuat dari emas campuran.
Kesimpulan archiemedes tersebut sangat erat kaitannya/penggunaannya dalam pembuatan kapal laut, pesawat terbang dan apa saja yang berhubungan dengan masa jenis benda dalam proses pembuatannya.


0 komentar:

Posting Komentar